Zarif Sebut Iran akan Lanjutkan Perundingan JCPOA Meski Kurangi Beberapa Komitmen

0
140

Menlu Iran, M. Javad Zarif, bersama dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini. Sumber: AFP

Tehran,LiputanIslam.com—Dalam sebuah surat yang dikirim oleh Menlu Iran, M. Javad Zarif, pada Kamis (5/9) kemarin, kepada kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, Zarif menyampaikan kesiapan untuk terus melanjutkan perjanjian JCPOA bersama beberapa negara yang masih menyepakati perjanjian itu. Langkah ini diambil Iran usai penangguhan beberapa komitmen JCPOA memasuki tahap ketiga.

“Untuk menunjukkan niat baik, Iran siap untuk melakukan dialog dengan semua pihak yang masih menandatangani JCPOA,” ucap perwakilan Menlu Iran, Abbas Mousavi, mengomentari isi surat Zarif kepada Mogherini.

Sampai saat ini, pemerintah Iran masih terus mengurangi beberapa komitmennya yang tertulis di bawah perjanjian JCPOA. Sampai saat ini, proses pengurangan komitmen telah memasuki fase ketiga. Ruang lingkup pengurangan fase ketiga meliputi aktivitas penelitian diluar batasan yang telah ditentukan oleh JCPOA.

Baca: Menhan AS Klaim Tak Ada Rencana untuk Menahan Tanker Iran

Satu tahun berlalu sejak AS keluar dari perjanjian JCPOA 2015 dengan Iran. Sejak saat itu, Iran memutuskan untuk mengurangi beberapa komitmennya dalam perjanjian itu setiap 60 hari, kecuali Eropa bersedia melindungi kepentingan Iran yang terganggu akibat ketegangan dengan AS.

Namun, hingga saat ini, para partisipator JCPOA lainnya masih gagal untuk memenuhi permintaan Iran. (fd/Sputnik)

DISKUSI: