Zarif Sebut Ancaman Perang Trump Terhadap Iran Ilegal Berdasarkan Piagam PBB

0
137
Tehran,LiputanIslam.com—Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif, pada Rabu kemarin (26/6) menyerukan ancaman Presiden AS Donald Trump untuk menghancurkan Iran ilegal berdasarkan hukum internasional.

Sehari sebelumnya, Trump mengancam bahwa serangan Iran pada apapun yang terkait dengan orang Amerika akan dibalas dengan kekuatan besar dan luar biasa, bahkan bisa sampai pada level “pemusnahan.”

“Pernyataan itu menunjukkan bahwa niat AS tentu ilegal. Amerika Serikat tidak dalam posisi untuk melenyapkan Iran, mereka tidak memiliki kemampuan selain menggunakan senjata terlarang untuk melakukan ini,” kata Zarif dalam sebuah wawancara dengan CNN.

Menteri Iran juga ingat bahwa ancaman perang adalah ilegal berdasarkan Piagam PBB, menekankan bahwa Iran tidak mencari perang.

Baca: Analis AS Sebut Sanksi Baru Trump atas Iran Cuma Simbol

Hubungan antara Amerika Serikat dan Iran semakin memburuk sejak Trump secara sepihak menarik negaranya keluar dari kesepakatan nuklir Iran musim semi lalu. Sejak itu, AS mulai menargetkan sektor ekonomi Iran di bawah sanksinya.

Sejak itu, perselisihan AS-Iran telah secara signifikan meningkatkan situasi keamanan di Timur Tengah. Amerika Serikat mulai membangun kehadiran militernya di kawasan itu. Oleh Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton, langkah ini disebut sebagai pesan yang jelas kepada Iran. Menurut Pentagon, sebuah kelompok serangan kapal induk, rudal Patriot, pembom B-52 dan pesawat tempur F-15 dikerahkan ke wilayah tersebut.(fd/Sputnik)

DISKUSI: