Wiranto Sebut Benny Wenda Provokator Kerusuhan di Papua

0
158

LiputanIslam.com-Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan anggota kelompok gerakan separatis Kemerdekaan Papua Barat Benny Wenda adalah provokator kerusuhan di Papua.

“Benny Wenda memang bagian dari konspirasi. Mereka provokasi, seakan kita (pemerintah) menelantarkan, melanggar HAM,” kata Wiranto di Jakarta, Senin (2/9).

Dalam aksinya Benny menggalang dukungan dari dunia internasional, dan menyebarkan berita bohong ke negara luar. Ia pun mendapat penghargasn dari Dewan Kota Oxford, Inggris. Ia menggunakan cara diplomasi dengan memanfaatkan negara-negara Pasifik atau pun cara-cara yang dapat menarik perhatian dunia internasional.

Baca juga: Tekan Hoaks, Pemulihan Internet di Papua Dilakukan Bertahap

Demonstrasi di Papua berujung aksi anarkis dan terjadi di beberapa titik sebagai respons atas tindakan rasisme oknum TNI dan aktivis terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.

Selain Wiranto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut bahwa tokoh separatis Papua Barat, Benny Wenda, merupakan dalang kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

“Ya jelas toh. Jelas Benny Wenda itu. Dia mobilisasi diplomatik, mobilisasi informasi yang missed, yang enggak benar. Itu yang dia lakukan di Australia, di Inggris,” ujar Moeldoko di kantornya, Gedung Bina Graha, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Lalu siapa Benny Wenda?

Pria kelahiran Papua pada 17 Agustus 1974 itu kini tinggal di Oxford, Inggris.

Puluhan tahun sudah Benny menentang bergabungnya Papua Barat dengan Indonesia dan berupaya menjadikan Papua merdeka. (Ay/Antara/Kompas)

DISKUSI: