‘Wilayah Udara Iran Sepenuhnya Aman Bagi Semua Maskapai Penerbangan’

0
114

Tehran, LiputanIslam. Com—Jubir Organisasi Penerbangan Sipil Iran (CAO) menolak klaim beberapa maskapai penerbangan global yang mengalihkan penerbangan melewati wilayah udara Iran
karena masalah keselamatan. Ia menyebut wilayah udara Iran sepenuhnya aman.

“Wilayah udara yang dikontrol Iran di Teluk Persia dan rute penerbangan lainnya benar-benar aman,” kata Reza Jafarzadeh, Sabtu (22/6).

“Langit Iran terbuka untuk semua jenis maskapai penerbangan dan sejauh ini kami belum menerima laporan yang mengatakan adanya maskapai penerbangan yang mengalihkan rute penerbangan mereka di wilayah udara Iran,” katanya.

Baca: Rusia Sebut Akan Bantu Iran Jika UE Gagal Luncurkan INSTEX

Kesediaan pesawat asing untuk terbang di atas Iran berakar pada keamanan tingkat tinggi yang diterapkan di wilayah udara negara itu, kata juru bicara itu melanjutkan.

Pernyataan ini muncul ketika beberapa media Barat mengklaim bahwa sejumlah maskapai penerbangan global mengarahkan penerbangan untuk menghindari wilayah udara yang dikontrol Iran di Teluk Oman dan Selat Hormuz, mengutip masalah keamanan, setelah terjadinya insiden  baru-baru ini oleh pasukan Iran yang menembak jatuh pesawat nirawak mata-mata AS di atas perairannya.(fd/tasnim)

DISKUSI: