Utang Pemerintah per 31 Desember 2019 Capai Rp 4.778 Triliun

0
179

Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat utang pemerintah hingga 31 Desember 2019 mencapai Rp 4.778 triliun.

Utang pemerintah tersebut mengalami penurunan dibandingkan pada November 2019 yang mencapai Rp 4.814,31 triliun. Penurunan ini disebabkan oleh adanya pelunasan yang dilakukan.

“Turun dari November karena ada pelunasan,” kata DIrektur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Luky Alfriman, Jakarta, Selasa (7/1).

Baca: Sri Mulyani: Posisi Utang Pemerintah Masih Aman

Luky mengatakan, utang pemerintah saat ini masih dalam tingkat aman karena masih di bawah rasio 30 persen atau tepatnya 29,8 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Rasio utang 2019 juga turun tipis dibandingkan  tahun sebelumnya sebesar 29,98 persen terhadap PDB.

Terkendalinya rasio utang pemerintah juga dipastikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dia menyampaikan, utang pemerintah saat ini masih terjaga.

“Utang terjaga rendah dan manfaat APBN masih bisa kita tingkatkan,” ujarnya.

Sri Mulyani menerangkan, utang Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara-negara lain, seperti Malaysia Filipina, dan Singapura. Rasio utang ke tiga negara tersebut sudah 50 persen dari PDB.

“Kalau kita bandingkan dengan negara lain yang bicara defisit dan rasio utang kita masih hati-hati. Filipina, Malaysia, Singapura masing0masing rasio utangya 50 persen dari GDP. Kita masih tetap hati-hati,” terangnya. (sh/republika/cnbcindonesia)

DISKUSI: