Trump Temui Kim Jong-Un di Perbatasan Korsel-Korut

0
142

Seoul, LiputanIslam.com–Presiden AS Donald Trump kembali melakukan pertemuan bersejarah dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, di Zona Demilitarisasi (DMZ) yang membatasi dua negara Korea pada hari ini (30/6).

Ditemani sejumlah juru kamera dan pengawal, Trump melangkahi garis demarkasi ke wilayah Korea Utara untuk pertama kalinya bersama dengan Kim. Setelah itu, Kim melangkah ke wilayah Korea Selatan.

“Ini adalah kehormatan saya. Saya tidak mengharapkannya. Melangkah melewati garis itu adalah suatu kehormatan besar,” kata Trump kepada Kim, dengan dibantu oleh penerjemah.

“Presiden Trump baru saja menyeberang … menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi negara kita. Ini adalah ekspresi dari kesediaannya untuk menghilangkan agresi masa lalu dan membuka masa depan yang baru,” sambut Kim.

Trump juga mengatakan bahwa “banyak hal positif yang terjadi … kami bertemu dan kami saling menyukai sejak hari pertama. Dan itu sangat penting. ”

Setelah itu, kedua pemimpin bersama-sama melakukan pertemuan lanjutan di wilayah Selatan. Dalam konferensi pers di House of Freedom, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia akan mengundang Kim ke Gedung Putih.

Merespon undagangan itu, Kim mengatakan akan menjadi kehormatan besar jika Trump mengunjungi Pyongyang.

“Ini hari yang luar biasa bagi dunia,” kata Trump, diikuti respon dari Kim yang mengatakan, “Saya yakin hubungan kita akan mengatasi hambatan yang menghalangi.”

Trump dan Presiden Korsel, Moon Jae-in, kemudian mengantar Kim kembali wilayah Utara.  (ra/presstv)

 

DISKUSI: