Trump Desak Rusia Angkat Kaki dari Venezuela

0
105

Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump memperingatkan Rusia agar segera angkat kaki dari Venezuela. Saat ini, terdapat dua pesawat angkut tentara Rusia yang berada di negara Amerika Latin itu.

Di depan wartawan di Gedung Putih, Trump menyatakan bahwa ia akan menggunakan “semua opsi” untuk mengusir Rusia dari Venezuela.

Pada hari Sabtu (23/3) lalu, sekitar 100 tentara Rusia mendarat di Caracas untuk menunjukkan dukungan kepada pemerintah Presiden Nicolas Maduro. Tak lama, wapres AS Mike Pence menyebut langkah itu sebagai “provokasi yang tidak berguna.”

Pence juga meminta Rusia mencabut dukungan mereka kepada Maduro dan alih-alih berpihak ke pemimpin oposisi Juan Guaido.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia bersikeras bahwa pengiriman tentara mereka ke Venezuela dilakukan “sesuai dengan konstitusi negara [Venezuela] dan dengan menghormati norma-norma hukumnya secara penuh.”

Para pejabat AS telah berulang kali memperingatkan Rusia agar tidak ikut campur dalam politik negara Amerika Latin itu. Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton sempat menulis pesan di Twitter bahwa “AS tidak akan mentolerir kekuatan militer asing yang merusak dan mencampuri tujuan bersama dunia Barat atas demokrasi, keamanan, dan supremasi hukum.” (ra/presstv)

DISKUSI: