Trump Akan Tetapkan Ikhwan al-Muslimin Sebagai Kelompok Teroris

0
119

Sumber: FNN

Washington, LiputanIslam. Com—Presiden As, Donald Trump, dilaporkan tengah berupaya menetapkan salah satu organisasi umat Muslim ‘Ikhwan al-Muslimin ‘ sebagai organisasi teroris.
New York Times melaporkan pada Senin (30/4), upaya ini didasarkan atas desakan Presiden Mesir, Abdel Fatah el-Sisi, yang meminta agar Trump segera mengeluarkan maklumatnya terhadap organisasi yang cukup berpengaruh di Mesir itu.

Desakan ini disampaikan el-Sisi saat melakukan kunjungan ke Gedung Putih di Washington pada 9 April lalu.

Ikhwan al-Muslimin telah berdiri di Mesir pada 1928. Oleh pemerintah Mesir, di bawah kepemimpinan el-Sisi, organisasi ini dianggap sebagai kelompok teroris pada 2013 silam.

Desakan dan keputusan el-Sisi terkait Ikwan al-Muslimin ini tampaknya lebih bernuansa politis. Sebab, Presiden Mesir sebelumnya, Mohammad Morsi, yang dikudeta oleh el-Sisi, merupakan anggota Ikhwan al-Muslimin. Keputusan el- Sisi untuk memasukkan organisasi ini ke dalam daftar kelompok teroris sepertinya lebih didasarkan pada kepentingan politik untuk menyingkirkan lawannya di Mesir.

Gagasan el-Sisi , seperti dilaporkan New York Times, mendapat dukungan dari Sekneg As, Mike Pompeo, dan penasehat keamanan AS, john Bolton. (Fd/al-jazeera/ NYT)

DISKUSI: