Tingkatkan SDM, Pemerintah Targetkan Bangun 500 Politeknik

0
134

Sumber: beritasatu.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) industri melalui pendidikan vokasi. Untuk itu, Kemenperin menargetkan penambahan 500 politeknik yang terhubung dan sesuai dengan industri.

Langkah tersebut telah dituangkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2020-2024. Politeknik tersebut berorientasi pada kebutuhan pasar kerja dan akan dibangun di setiap stratanya.

“Pembangunan industri nasional ke depan, tentunya memerlukan ketersediaan SDM yang kompeten guna memacu produktitivas dan daya saing. Apalagi, tenaga kerja industri yang dibutuhkan sekarang semakin spesifik,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Jumat (10/5).

Airlangga menjelaskan, pengembangan pendidikan vokasi merupakan salah satu wujud pelaksanaan revolusi mental, yang merupakan gerakan nasional untuk membangun kualitas SDM Indonesia.

Dalam pengembangan pendidikan vokasi, Kemenperin telah mengadopsi pendidikan dual system yang dilakukan oleh Jerman dengan lebih menitikberatkan pada praktik dibanding teori.

“Untuk implementasi di Indonesia, porsinya 70% praktik dan 30% teori,” ujarnya.

Selain itu, Kemenperin juga mengadakan program pelatihan dengan sistem 3 in 1 (pelatihan-sertifikasi kompetensi penempatan kerja) serta diklat peningkatan kompetensi dan sertifikasi tenaga kerja industri untuk peningkatan kualitas dan daya saing serta kesejahteraan tenaga kerja.

Dia menyampaikan, pihaknya ikut memberikan masukan untuk penyelarasan kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), memfasilitasi praktek kerja bagi siswa SMK dan magang bagi guru sesuai dengan program keahlian, menyediakan instruktur sebagai pembimbing praktik kerja dan magang, serta mengeluarkan sertifikat bagi siswa SMK dan guru. (sh/antaranews/kontan)

 

 

DISKUSI: