Theresa May: Inggris akan Terus Bekerja dengan Mitra JCPOA

0
2

London,LiputanIslam.com—Perdana Menteri Inggris, Theresa May, mengatakan negaranya bertekad untuk melanjutkan kerja sama dengan para penandatangan kesepakatan nuklir 2015, yang dikenal dengan istilah JCPOA.

“Dengan meningkatnya ketegangan di Teluk (Persia), kita semua harus berdiri bersama,” kata May, saat berbicara pada KTT G20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6) kemarin.

Ia menambahkan, “Kita perlu keterlibatan semua pihak untuk menemukan solusi diplomatik bagi situasi saat ini.”

“Pada saat yang sama, Inggris akan terus bekerja dengan mitra JCPOA untuk melakukan semua yang bisa dilakukan untuk menjaga kesepakatan nuklir Iran. Kami percaya kesepakatan itu membuat dunia lebih aman dan saya ingin melihat Iran menegakkan kewajibannya, ”katanya.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengumumkan pada 21 Juni bahwa negara itu berencana memulai langkah-langkah langkah kedua untuk mengurangi komitmennya di bawah JCPOA pada 7 Juli.

Baca: Analis, Kushner Anggap “Nihil” Status Kenegaraan Warga Palestina

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan dengan mitranya dari Turki, Mevlut Cavusoglu, di pusat kota Isfahan, Zarif menunjukkan langkah-langkah Iran mengenai JCPOA dan mengatakan dalam surat Presiden Hassan Rouhani kepada para pemimpin anggota JCPOA bahwa Iran telah mengumumkan dua tindakan tahap kedua.(fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS: