The Sun: Militer Inggris Siap Bantu AS Serang Iran

0
176

Tipe kapal selam Angkatan Laut Inggris yang disebut-sebut siap menyerang Iran

London, LiputanIslam.com—Menlu Inggris Dominc Raab terang-terangan menunjukkan dukungan kepada AS atas kasus pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani. Selain itu, Negeri Ratu Elizabeth itu disebut-sebut siap mengirim pasukan militer di dekat wilayah laut Iran.

Menurut laporan dari koran Inggris, The Sun, kapal selam bertenaga nuklir dan rudal jelajah Tomahawk milik Angkatan Laut Inggris sedang berada di posisi menyerang terhadap Iran.

The Sun mengutip dari sumber-sumber pertahanannya bahwa pasukan tinggi militer Inggris memang ingin membantu AS jika Negeri Paman Sam itu memutuskan untuk menyerang Iran.

“Jika segala sesuatunya terurai dengan cepat, Inggris akan selalu berdiri bahu-membahu dengan AS. Kapal selam paling canggih di Angkatan Laut adalah pemburu dan pembunuh. Mereka adalah aset yang mematikan dan ada satu yang berada di dalam jangkauan Iran,” tulis koran itu mengutip salah satu sumber pertahanan mereka.

Menurut sumber yang sama, awak kapal selam akan bermanuver ke “kantong penembakan” untuk melepaskan rudal mereka dengan hulu ledak berkekuatan 1.000 kilogram dengan jangkauan lebih dari 1.550 mil.

Selain itu, para operator dari Special Air Service (SAS) dan Special Boat Service (SBS), dua komponen inti dari kelompok Pasukan Khusus Inggris, telah dikirim ke Irak untuk membantu “misi penyelamatan”.

Meskipun begitu, laporan dari The Sun ini bertentangan dengan klaim Menlu Raab bahwa Inggris sedang mengupayakan “de-eskalasi” dalam krisis ini. Koran The Sun sendiri dikenal kredibel dalam laporan-laporan militernya karena memiliki sumber-sumber yang kuat. (ra/presstv)

 

 

DISKUSI: