Temui Luhut, Prabowo Minta Saran Masalah Pertahanan Hingga Anggaran Kemenhan Terbesar

0
103

Sumber: AyoBandung.com

Jakarta, LiputanIslam.com — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (7/11), untuk meminta saran masalah pertahanan.

“Beliau senior saya, beliau juga Menko di bidang maritim. Tentunya saya minta saran, minta pemikiran beliau,” kata Prabowo.

Prabowo mengaku ia memang sedang melakukan “safari” kunjungan ke semua menteri. Menurut dia, kunjungan itu dilakukannya untuk menggali masukan di bidang pertahanan yang kini jadi tanggung jawabnya.

“Saya sedang keliling ke semua menteri, ke semua satu-satu nanti saya minta masukan masalah pertahanan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memerintahkan Menhan Prabowo Subianto untuk mengembangkan industri pertahanan strategis dalam negeri. Terlebih, Kementerian Pertahanan mendapatkan alokasi anggaran paling besar dalam pemerintahan.

Baca juga: Ignatius: Pembangunan Kilang Jadi Simpul Pertumbuhan Ekonomi Baru

Kementerian Pertahanan (Kemhan di 2020 mendapatkan anggaran mencapai Rp 127,35 triliun.

Kemenhan mendapatkan pagu Rp 127,35 triliun yang bersumber dari rupiah murni sebesar 82,8%, pinjaman luar negeri sebesar 7,1%, rupiah murni pendamping sebesar 4,3% pinjaman dalam negeri sebesar 1,9%, PNBP sebesar 2,1% dan BLU sebesar 1,8%.

Dalam Rencana Kerja Kementerian Pertahanan yang tertuang dalam Buku III UU APBN 2020, tentang Rencana Kerja Anggaran Kementerian (BA 012), tersusun secara rinci apa saja yang bakal dilakukan Kementerian ini.

Dari pagu tersebut, sebanyak 41,6% dialokasikan untuk belanja pegawai, 32,9% untuk belanja barang, dan 25,4% untuk belanja modal.

Jika dibandingkan dengan TA 2019, pagu anggaran tahun 2020 meningkat sebesar Rp 18,6 triliun (15,6%). (Ay/Antara/Detik)

DISKUSI: