Tekan Hoaks, Pemulihan Internet di Papua Dilakukan Bertahap

0
108

Sumber: harianpelita.co

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku bahwa sebenarnya untuk pemulihan jaringan internet di Papua dan Papua Barat cukup membutuhkan waktu 1 hingga 3 jam. Namun pihaknya sengaja melakukan pemulihan secara bertahap guna menekan hoaks dan sebaran bernada provokasi.

“Demikian juga kalau terjadi eskalasi tidak kondusif, pembatasannya juga bisa dilakukan dalam hitungan jam,” ucapnya di Gedung Kementerian Kominfo Jakarta, seperti dilansir setkab.go.id pada Rabu (4/9).

Menurutnya, pembatasan terhadap layanan data internet, termasuk berbagai jejaring media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, maupun Instagram akan dipulihkan secara bertahap. “Kabupaten dan kota yang memang suasananya kondusif, tidak ada masalah, itu bisa kita aktifkan kembali seluruh jenis layanan telekomunikasinya,” terangnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ferdinandus Setu dalam siaran persnya Rabu (4/9) malam menyebutkan, pembukaan blokir atas layanan data internet dilakukan di 19 Kabupaten di Provinsi Papua, yakni: Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak, Yapen, dan Kabupaten Sarmi.

“Untuk 10 kabupaten di Provinsi Papua yakni Kabupaten Mimika, Paniai, Deiyai, Dogiyai, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Numfor, Kota Jayapura, Yahukimo dan Nabire, akan terus dipantau situasinya dalam 1 (satu) atau 2 (dua) hari ke depan,” ucapnya.

Baca: Tokoh Agama Serukan Jaga Papua Tanah Damai

Begitu juga dengan 10 kabupaten di wilayah Provinsi Papua Barat. Pembukaan kembali blokir atas layanan data di sejumlah besar wilayah Papua dan Papua Barat dilakukan setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum/keamanan setelah mempertimbangkan situasi keamanan di wilayah-wilayah tersebut. (aw/setkab/medcom).

 

DISKUSI: