Tasnim: Prancis, Jerman, Inggris akan Berikan Modal untuk Wujudkan INSTEX

0
1

LiputanIslam.com—Kantor berita Tasnim melaporkan pada Kamis (27/6) bahwa pemerintah Eropa akan menyediakan jalur kredit untuk membantu mekanisme khusus terkait rute perdagangan antara Iran dan Barat.

Prancis, Inggris dan Jerman akan mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan memberikan suntikan modal setidaknya beberapa juta euro untuk mewujudkan INSTEX dengan jalur kredit untuk mempercepat transaksi pertama.

INSTEX direncanakan akan berbasis di Paris dan dikelola oleh seorang pakar perbankan Jerman. Sementara Inggris akan memimpin dewan pengawas.

Baca: Oman Sebut Akan Buka Kedubes di Palestina

Program ini didirikan pada bulan Januari tetapi tidak bersifat operasional dan tidak ditujukan untuk kepentingan transaksi. Awalnya, perusahaan-perusahaan Eropa akan fokus pada perdagangan produk-produk kemanusiaan seperti obat-obatan, peralatan medis dan makanan, yang tidak ditargetkan oleh sanksi AS.

Pada hari Selasa (25/6), kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, mengatakan INSTEX siap untuk dikerahkan. Para pejabat UE mengatakan pengumuman resmi tentang ini diharapkan akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

Mekanisme perdagangan dirancang untuk memungkinkan perusahaan-perusahaan Eropa yang mengimpor barang-barang Iran untuk secara efektif membayar perusahaan-perusahaan Eropa yang mengekspor barang-barang ke Iran. INSTEX berfungsi untuk memastikan keseimbangan pembayaran.

Namun, salah satu dari banyak masalah teknis yang dihadapi INSTEX adalah bagaimana memulainya. Pada awalnya, mungkin hanya akan ada beberapa transaksi dan impor Eropa mungkin tidak mengimbangi nilai ekspor Eropa ke Iran. Dengan pemerintah menyediakan modal untuk INSTEX, perusahaan dapat memajukan pembayaran kepada eksportir Eropa untuk membantu mengatasi masalah awal itu.

Para pejabat Iran telah menuntut agar dampak INSTEX segera diwujudkan dan para pejabat Eropa mengatakan mereka berharap transaksi pertama dapat berlangsung selama beberapa minggu ke depan.

Para pejabat AS sebagian besar telah menolak mekanisme perdagangan Eropa. Namun, beberapa anggota parlemen AS telah menyerukan agar pemerintah segera menyiapkan sanksi  baik terhadap INSTEX atau terhadap perusahaan Iran yang seharusnya membersihkan ekspor dan impor Iran dengan cara yang sama.

“Saya percaya program ini sekarang siap untuk beroperasi, dan saya berharap bahwa ini adalah dapat menjaga kepatuhan Iran dengan perjanjian (kesepakatan nuklir Iran 2015),” kata Mogherini. (fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS: