Tak Penuhi Panggilan, KPK Panggil Ulang Anak Yasonna Laoly

0
138

Sumber: Tribunnews

Jakarta, LiputanIslam.com — Karena tidak memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya, KPK memanggil ulang anak Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Yamitema Tirtajaya Laoly dalam penyidikan kasus suap terkait dengan proyek dan jabatan di lingkungan Pemkot Medan pada 2019.

Yamitema dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, Isa Ansyari (IA).

Sebelumnya KPK telah melakukan pemanggilan terhadap Yamitema pada Senin (11/11). Namun Direktur PT Kani Jaya Sentosa tersebut tidak memenuhi panggilan lantaran belum menerima surat pemanggilan pemeriksaan yang dikirim oleh KPK.

“Sebelumnya surat panggilan ditujukan ke alamat yang tertera di adminduk (administrasi kependudukan), namun yang bersangkutan tidak ada di sana,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta.

Sebelumnya, pada Rabu (16/10) lalu, KPK telah menetapkan Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin sebagai tersangka dugaan penerimaan suap bersama dua orang lainnya, yakni Kepala Dinas PUPR Kota Medan Isa Ansyari (IAN) dan Kepala Bagian Protokoler kota Medan Syamsul Fitri Siregar (SFI).

Sementara, Yasonna H Laoly, menjelaskan soal pemanggilan anaknya Yamitema Tirtajaya Laoly dalam kasus dugaan penerimaan suap terkait proyek dan jabatan oleh wali kota Medan 2014-2015 dan 2016-2021.

Baca juga: Rupiah Melemah ke Posisi Rp 14.067 per Dolar AS

“Jadi gini, dia (Yamitema) dipanggil karena dia khan business man juga, tapi selama tiga tahun ini dia dalam urusan di Medan, dia tidak banyak terlibat,” kata Laoly, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Ia menyarankan agar Yamitema berkirim surat kepada KPK.

“Saya bilang, sudah kirimi saja surat ke KPK, mendapat informasi begini, nanti kalau dapat panggilan yang dapat hard copy-nya dia akan datang. Mungkin klarifikasi ya,” kata dia.

Ia yakin bila anaknya sudah mendapat salinan surat, maka ia akan memenuhi panggilan KPK. (Ay/Antara)

DISKUSI: