Swedia Akui Bangga Mengakui Negara Palestina

0
125

Stockholm, LiputanIslam.com—Menlu Swedia, Margot Wallström, menyatakan bahwa negaranya bangga karena telah mengakui secara resmi negara Palestina, dan bahwa mereka akan terus mendukung negara itu.

“Saya bangga atas keputusan pemerintah Swedia yang mengakui Palestina sebagai negara independen pada tahun 2014 lalu,” kata Wallström dalam siaran televisi Sveriges Television AB (SVT) pada Minggu (28/4).

Ia menambahkan, ada banyak negara yang mengikuti jejak Swedia sebagai negara pertama anggota Uni Eropa di Eropa Barat yang mengakui Palestina.

“Ini menunjukkan bahwa kami mengakui Palestina di saat yang tepat. Kami akan terus menunjukkan dukungan kepada Palestina,” ujarnya.

Wallström juga menyebut kritik keras rezim Israel terhadap kebijakan Swedia atas Palestina. Ia mengatakan, negosiasi sedang dilakukan antara pemerintah Stockholm dan Tel Aviv untuk menyelesaikan ketegangan diplomatik.

Swedia mengumumkan pengakuan pada tanggal 30 Oktober 2014. Pada saat itu, menlu Wallström mengatakan kepada wartawan bahwa kawasan Palestina telah memenuhi “kriteria [negara] di bawah hukum internasional,” karena Palestina punya “teritori, rakyat, dan pemerintah.”

Dia juga berharap bahwa langkah negaranya itu dapat berpengaruh positif terhadap dinamika proses perdamaian Timur Tengah.

Menurutnya, pengakuan negara Palestina dapat membuat negara itu punya kedudukan yang lebih seimbang ketika berpartisipasi dalam negosisasi damai dengan Israel. (ra/presstv)

 

DISKUSI: