Suku-suku di Suriah Tolak Kerjasama dengan Kelompok Separatis Saudi-AS

0
103

Damaskus,LiputanIslam.com—Situs berita berbahasa Arab al-Ahd mengutip pernyataan pemimpin al-Moshahedah di wilayah Eufrat Timur, Sheikh Heidar al-Hamadi, mengatakan pada Rabu (19/6) bahwa semua suku Suriah, kecuali sejumlah kecil dari mereka, telah menentang pertemuan yang baru-baru ini digelar oleh Menteri Saudi untuk Urusan Teluk Persia, Thamer al-Sabhan, untuk mempelajari plot-plot yang bisa memisahkan Suriah Timur dari wilayah Suriah.

Dia menekankan upaya al-Sabhan yang coba membujuk suku-suku di Suriah Timur untuk bergabung dengan kelompok-kelompok separatis, dan mengatakan sebagian besar dari mereka ingin Damaskus mengambil alih kendali atas wilayah tersebut.

Sementara itu, surat kabar berbahasa Arab al-Watan melaporkan bahwa delegasi asal Swedia, termasuk perwakilan negara untuk urusan Suriah, pejabat kementerian luar negeri Swedia untuk urusan Suriah dan pejabat untuk badan bantuan internasional, telah memasuki wilayah yang diduduki Kurdi di Suriah Timur dan mengadakan pertemuan dengan sejumlah komandan sejalan dengan upaya percepatan negara-negara barat untuk ikut campur dalam urusan internal Suriah dan membantu Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dalam mimpi gerakan separatis mereka.

Baca: Erdogan Kecam Dukungan AS Kepada Teroris di Suriah

Mohammad al-Akam, seorang legislator senior Suriah, mengatakan bahwa koalisi tripartit telah dibentuk di antara Arab Saudi, pasukan Kurdi dan Israel di bawah pengawasan AS untuk membalikkan keadaan usai pasukan pemerintah Suriah mendapatkan kemenangan atas kelompok-kelompok teroris.

Dia menambahkan bahwa Arab Saudi telah memutuskan untuk memotong dukungan keuangan untuk daerah-daerah yang diduduki oleh kelompok-kelompok teroris di Suriah Utara.

Menurutnya, langkah ini diambil setelah Riyadh mengarahkan dukungannya terhadap kelompok-kelompok separatis Kurdi di Suriah Timur setelah kunjungan oleh Thamer al-Sabhan ke wilayah-wilayah yang diduduki Kurdi.

Awak media setempat melaporkan pada Jumat bahwa delegasi diplomatik Amerika dan Saudi telah mengadakan pertemuan dengan komandan SDF yang didukung AS dan sejumlah pemimpin suku di pangkalan yang diduduki Washington di Deir Ezzur dalam upaya untuk mengoordinasikan rencana pemisahan Eufrat Timur dari Suriah.(fd/Fars)

 

DISKUSI: