Stafsus BPIP: Pancasila Menguatkan HAM

0
147

Sumber: BPIP

Malang, LiputanIslam.com — Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Antonius Benny Susetyo mengatakan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, tidak ada satu pun yang bertentangan dengan HAM. Dan justru mampu memperkuat hak asasi manusia (HAM).

“Nilai-nilai Pancasila tidak ada yang bertentangan dengan HAM. Justru yang ada nilai Pancasila itu menguatkan HAM,” kata Benny, dalam keterangan tertulis yang diterima, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (6/12).

Benny menambahkan, salah satu ancaman HAM yang saat ini terjadi adalah efek negatif dari kemajuan teknologi yang disalahgunakan tanpa ada literasi yang cukup.Hal tersebut menimbulkan hoaks yang berdampak pada perpecahan dan penindasan martabat manusia.

“Kemajuan teknologi dan penggunaan sosial media yang salah, karena kurangnya literasi dan edukasi masyarakat menimbulkan perpecahan dan penghancuran martabat manusia,” ujar Benny.

Benny mengatakan, sesungguhnya martabat kemanusiaan itu tidak bisa direduksi seiring dengan kemajuan zaman.

“Martabat manusia itu adalah hal yang mendarah daging sejak lahir dan tidak bisa direduksi oleh kemajuan zaman karena sudah mendarah daging,” kata Benny.

Selain itu, menurut Benny, masyarakat Indonesia juga harus ingat bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari dukungan negara-negara lain. Sehingga masyarakat juga harus bisa menerima segala perbedaan dan kemajuan zaman sekarang.

Baca juga: Erick Thohir dan Mahfud MD Bahas Ancaman Radikalisme di BUMN

Rencananya, BPIP bersama Yayasan Rejomulia Yogyakarta bakal menggelar kegiatan Kemah Pancasila Pelajar Indonesia (KPPI) di Watu Tapak Camp Hill, Tebing Breksi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, 13-15 Desember 2019.

Kegiatan kemah Pancasila memiliki tujuan menanamkan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar SMA/SMK se-Indonesia.

Kemah Pancasila juga diharapkan menjadi upaya awal merintis pembangunan jejaring di kalangan pelajar Indonesia sehingga tercipta relasi sosial berkelanjutan gerakan implementasi nilai-nilai Pancasila. (Ay/Antara)

DISKUSI: