Siswa Gaza Sambut Tahun Ajaran Baru

0
131

Gaza, LiputanIslam.com—Pada hari Minggu (25/8) kemarin, sekitar 1,3 juta siswa Gaza kembali ke sekolah setelah libur musim panas yang panjang di tengah agresi militer Israel.

Sektor pendidikan di Jalur Gaza telah menderita kerugian besar akibat tiga agresi militer dan serangan udara oleh rezim Zionis. Total lima sekolah hancur dan 182 lainnya rusak sebagian pada  perang tahun 2014 saja. Akibatnya, siswa Gaza kekuarangan ruang kelas. Masalah kemudian diperparah oleh blokade Israel yang menghambat upaya rekonstruksi.

Menurut laporan dari wartawan Press TV, Ruba Shabit, siswa di Gaza menerima pendidikan di bawah standar di ruang kelas yang penuh sesak.

Kondisi ekonomi yang keras juga mempengaruhi kualitas pendidikan. Pihak berwenang Palestina berjuang untuk membayar upah guru akibat krisis keuangan.

Namun, terlepas dari semua itu, para guru Gaza mengatakan bahwa mereka berkomitmen penuh untuk melaksanakan tugas mereka. Siswa juga terlihat memulai tahun ajaran mereka dengan pola pikir positif untuk mencapai masa depan yang cerah bagi bangsa mereka. (ra/presstv)

 

DISKUSI: