Shamkhani Ingatkan Eropa, Fase Penurunan Komitmen JCPOA akan Terus Berlanjut

0
117

Tehran,LiputanIslam.com—Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Iran (SNSC), Ali Shamkhani, mengingatkan para anggota jCPOA Eropa bahwa kegagalan mereka untuk menghormati perjanjian itu akan memaksa Iran terus mengurangi komitmennya dalam perjanjian itu.

Shamkhani mengatakan pada Minggu (22/12) lalu bahwa Iran mulai mengurangi sebagian komitmen mereka di JCPOA usai Amerika secara sepihak menarik diri dari kesepakatan itu. “Namun, jika Eropa gagal memenuhi kewajiban mereka, kami akan menempuh langkah kelima,” ucapnya.

Usai Amerika Serikat (AS) keluar dari JCPOA, tiga negara Eropa bersumpah akan menjamin kepentingan ekonomi Iran yang mulai terkoyak akibat sanksi AS. Sebagai gantinya, Iran akan terus menjaga komitmen mereka. Namun sampai saat ini, Eropa gagal memenuhi kewajibannya untuk menyelamatkan perjanjian itu.

“Awalnya Presiden Donald Trump telah melepas komitmen mereka di JCPOA dan setelah itu, Eropa menyempurnakan putusan Trump itu dengan cara mendiamkannya,” jelasnya.

Baca: Rouhani Pastikan Sanksi AS terhadap Iran akan Terhenti

Pada Mei 2018 lalu, Trump menarik negaranya keluar dari JCPOA. Segera pasca penarikan itu, Iran dan beberapa negara-negara lainnya mulai menggelar perundingan untuk menyelamatkan JCPOA. Namun, tiga anggota dari Eropa (Prancis, Inggris, dan Jerman) gagal menyelamatkan kepentingan ekonomi Iran yang terganggu akibat keluarnya Amerika. (fd/Tasnim)

DISKUSI: