Serangan Militer Turki di Aleppo Sebabkan Delapan Anak Meninggal Dunia

0
125

Sumber: RFI

Aleppo,LiputanIslam.com—Serangan militer Turki ke Provinsi Aleppo telah merenggut nyawa 11 warga sipil, delapan di antaranya adalah anak-anak. Sebuah NGO Pengamat Kemanusiaan di Suriah (SOHR) melaporkan pada Senin (2/12) kemarin bahwa serangan militer Turki menargetkan daerah orang-orang Kurdi di Kota Tal Rifaat, saat para siswa pulang dari sekolah. Selain menyebabkan korban jiwa, serangan ini juga telah melukai 21 orang.

Ketua NGO, Rami Abdel Rahman, menyebut mayoritas korban serangan adalah orang-orang yang terusir dari Afrin usai militer Turki menguasai wilayah itu tahun lalu.

Kota Tal Rifaat berlokasi sekitar 20 km sebelah selatan perbatasan Suriah-Turki dan telah menjadi arena pertempuran pasukan Turki melawan kelompok militer Kurdi atau yang biasa disebut Unit Perlindungan Rakyat (YPG).

Baca: Penjualan Minyak Iran Tetap Berlanjut Meski Ditekan Sanksi AS

Tahun lalu, pemerintah Turki mengancam akan menyerang kota Tal Rifaat setelah berhasil mengambil alih Afrin dari kelompok militan Kurdi.

Agresi Turki ke Suriah mendapat dukungan dari Rusia. Mereka ingin melenyapkan YPG dari Tal Rifaat. Namun, pada awal November lalu, Presiden Recep Tayyip Erdogan menyebut YPG masih belum sepenuhnya hilang dari kota itu.

Bagi pemerintah Turki, kelompok YPG adalah organisasi teroris yang memiliki hubungan dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), sebuah organisasi Kurdi di Turki yang terang-terangan melawan pemerintah sejak 1984. (fd/Presstv)

 

DISKUSI: