Sepanjang 2019, 6 Terduga Teroris JAD Berhasil Ditangkap

0
174

Sumber: Liputan6

Jakarta, LiputanIslam. Com—Kapolda Metro Jaya, Komjen Polisi Gatot Eddy Pramono menjelaskan Polda Metro Jaya telah menangkap 6 terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daullah (JAD) sepanjang 2019 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Para tersangka terorisme itu berinisial BD, JF, R, HC, AR dan WJS yang semua pelaku merupakan satu jaringan dengan peran yang berbeda.

“Kelima terduga teroris BD, JF, R, HC dan AR itu sempat mengikuti pelatihan militer di Gunung Ciremai pada 29 Maret 2019. Sementara WJS merupakan pelatih pembuat bom,” tuturnya, Jumat (27/12).

Baca: Kilang Minyak RI Tak Kunjung Jadi, Apa Sebabnya?

Jamaah Ansharut Daulah (JAD) adalah sebuah kelompok militan Indonesia yang dilaporkan memiliki kaitan dengan pengeboman Surabaya pada tahun 2018.

Pada tahun 2017, kelompok ini telah diakui sebagai organisasi teroris oleh Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat.

Pada 31 Juli 2018 , pengadilan di Jakarta Selatan membuat putusan yang melarang organisasi tersebut, yang memungkinkan penangkapan semua anggota dan organisasinya.

Dua anggota JAD diyakini telah melakukan serangan pisau pada menteri keamanan Indonesia yaitu Wiranto pada 10 Oktober 2019, yang mengakibatkan Wiranto dirawat di rumah sakit. (Ay/Kabar24/Wikipedia)

DISKUSI: