Senat AS Tolak Keinginan Trump untuk Terlibat di Perang Yaman

0
87

Washington, LiputanIslam.com–Senat yang dikuasai partai Republik telah meloloskan sebuah resolusi baru yang akan mengakhiri keterlibatan AS dalam perang Yaman.

Keputusan ini berkebalikan dari keinginan Presiden Trump yang selama ini mendukung agresi militer pimpinan Arab Saudi itu.

Resolusi bernama Yemen War Powers itu lolos dengan suara 54 setuju lawan 46. Dengan resolusi ini, militer AS dilarang terlibat dalam perang tanpa persetujuan dari Kongres.

Para pendukung resolusi ini berpendapat, keterlibatan AS dalam konflik Yaman telah melanggar persyaratan konstitusional bahwa hanya Kongres yang boleh mengizinkan partisipasi dalam sebuah perang.

PBB menyebut perang Yaman sebagai bencana kemanusiaan, karena telah menewaskan puluhan ribu warga sipil dan menyebabkan setengah populasi penduduk berada di ambang kelaparan.

Pasukan AS selama ini terus menyalurkan bantuan bagi koalisi militer pimpinan Saudi, seperti bantuan pengisian bahan bakar untuk pesawat perang.

Pasukan koalisi pimpinan Saudi dan UEA tanpa henti mengebom Yaman sejak 2015. Koalisi yang dipersenjatai dan dilatih oleh AS ini secara sengaja menargetkan rumah sakit dan infrastruktur sipil lainnya, yang menyebabkan wabah kolera yang masif. Lebih dari 60.000 warga sipil diyakini telah tewas dan 85.000 lainnya mengalami kelaparan dan kekurangan gizi. (ra/rt)

DISKUSI: