Sempat Meroket, Harga Cabai Kini Turun

0
131

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Harga cabai di pasar tradisional yang sempat mengalami kenaikan saat ini turun. Penurunan harga cabai disinyalir karena musim kemarau.

Penjual sayur di Pasar Kranji kota Bekasi, Bapak Luki (52) mengatakan, harga cabai merah keriting saat ini dijual sebesar Rp Rp 40 ribu per kilogram (kg) dan harga cabai merah besar sebesar Rp 45 ribu per kg.

Baca: Harga Cabai Turun, Bi Prediksi akan Terjadi Deflasi

Dia menyebutkan, penurunan harga cabai sudah terjadi selama satu minggu. Menurutnya, hal ini terjadi karena tengah musim kemarau.

“Seminggu ini sudah turun bahan sembako. Merosot kayanya karena musim kemarau ya,” kata dia, Jumat (27/9).

Rini (55), pedagang sayur lainnya, menjual cabai rawit merah di angka Rp 55 ribu per kg, cabai merah besar sebesar Rp 40 ribu per kg. Sedangkan cabai merah keriting besar dibanderol di kisaran Rp 40-45 ribu per kg

Sementara itu, di Provinsi Bali, harga cabai beserta kebutuhan pokok lainnya terpantau stabil. Harga kebutuhan pokok yang stabil ini sudah berlangsung dalam satu minggu.

“Kalau cabe sementara ini relative stabil. Namun kestabilan ini untuk cabe kecil masih terbilang tinggi,” ujar Kasi Pengendalian Barang Pokok dan Barang Penting Disperindag Provinsi Bali, Gatot Supriyatin.

Dia menyampaikan, sebelumnya harga cabai sempat meroket, tapi kemudian perlahan mengalami penurunan karena hasil panen sudah membaik.

“Harga itu relatif karena komoditas ini musiman yang setiap saat berubah dan tergantung permintaan. Kalau normalnya permintaan tetap dan produksi stabil, biasanya antara 20-25 ribuan,” ucapnya.

Berdasarkan data dari Disperindag Provinsi Bali, cabai merah besar dibanderol sebesar Rp 20 per kg, cabai merah keriting sebesar  Rp 44 ribu per kg, dan cabai rawit merah sebesar Rp 41.500 per kg. (sh/liputan/tribunnews)

DISKUSI: