Selidiki Kejahatan Perang Israel, Netanyahu Sebut ICC Anti-Semit

0
135

Tel Aviv,LiputanIslam.com—Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada Minggu (22/12) kemarin melayangkan tuduhan terhadap ICC usai jaksa pengadilan internasional itu berencana menyelidiki kejahatan perang para pasukan Israel di wilayah kependudukan Palestina. Seperti dikutip oleh Middle East Monitor, Netanyahu menyebut Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) sebagai lembaga anti-semit.

“Murni anti-semitisme,” ucap Netanyahu sambil berargumen bahwa segala bentuk kritik yang datang, khususnya di Eropa, didasarkan atas semangat anti-yahudi.

Baca: Awal 2020, Mesir akan Mulai Impor Gas Alam dari Israel

Fatou Bensouda, kepala jaksa ICC, mengatakan pada Jum’at (20/12) bahwa penyelidikan terhadap kejahatan perang di wilayah kependudukan Palestina memiliki dasar-dasar yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Saya merasa, kejahatan perang telah atau sedang dilakukan di Tepi Barat, termasuk Yerussalem Timur, dan Jalur Gaza,” ucapnya tanpa menyebutkan Israel.

Rezim Israel telah menduduki beberapa wilayah Palestina usai berlangsungnya perang 1967, seperti Tepi Barat, termasuk Yerussalem Timur.

Gugatan PM Israel terhadap rencana penyelidikan ICC juga ditentang oleh sekretaris negara AS, Mike Pompeo. (fd/Memo)

DISKUSI: