Sejak 2017, 200.000 Pengungsi Suriah di Lebanon Telah Pulang Kampung

0
135

Beirut,LiputanIslam.com—Jenderal Direktorat Keamanan Lebanon mengatakan pada Sabtu (11/5), bahwa sejak 2017 silam, sekitar 200.000 pengungsi Suriah yang ada di Lebanon telah pulang ke kampung halaman mereka.

Pemulangan para pengungsi suriah ini terkait dengan krisis ekonomi yang kini melanda Lebanon. Presiden Lebanon, Michel Aoun, mendesak agar para pengungsi Suriah segera meninggalkan Lebanon, mengingat keadaan ekonomi Lebanon yang semakin memburuk.

“Jika komunitas internasional tidak mau memfasilitasi pemulangan para pengungsi Suriah ke kampung halaman mereka, maka orang-orang Suriah terpaksa harus pulang melewati Laut Mediterania untuk menghindari buruknya situasi ekonomi di Lebanon,” ucap Aoun.

Pernyataan ini disampaikan beberapa hari setelah Aoun meminta Spanyil untuk membantu Lebanon mengubah sikap Uni Eropa untuk mendukung pemulangan para pengungsi yang kini bersuaka di Lebanon.

Kepada Menlu Spanyol, Aoun mengatakan, “Lebanon kini tengah berupaya mengubah sikap Uni Eropa terkait pemulangan para pengungsi Suriah dan memfasilitasi pemulangan para pengungsi tersebut melalui dukungan komunitas internasional.”

Para pengungsi Suriah dipulangkan dari Lebanon melalui perbatasan Lebanon dan tiba di perbatasan Jdeidat Yabous dan al-Dabbousiya. Mereka baru dipulangkan ke kampung masing-masing setelah menjalani cek kesehatan.

Pemerintah Lebanon menaksir jumlah pengungsi Suriah di negaranya mencapai 1.5 juta jiwa.(fd/Presstv)

DISKUSI: