Rupiah Menguat ke Posisi Rp 13.975 per Dolar AS

0
150

Sumber: katadata.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (26/12) pukul 09.44 WIB menguat ke posisi Rp 13.975 per dolar AS. Rupiah menguat 4 poin atau 0,03 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memprediksi, pergerakan rupiah pada hari ini akan mengalami penguatan didukung oleh sentimen eksternal dan internal.

Baca: Rupiah Masih Bergerak di Dekat Posisi Rp 14.000

“Dalam perdagangan hari ini, rupiah akan emnguat karena dukungan eksternal dan internal yang begitu kuat sehingga di akhir tahun ini mata uang garuda akan ditutup di bawah Rp 14.000. ini capaian yang luar biasa bagi pemgerintah saat ini,” ujarnya, Kamis (26/12).

Dari sisi eksternal, sentimen datang dari kesepakatan dagang antara AS dan China. Pasar optimis setelah kedua negara melakukan kesepakatan dagang fase I. Kepala Kantor Perwakilan Dagang AS Robert Lightizer mengatakan, China setuju menambah pembelian hasil pertanian AS senilai 32 miliar dolar AS.

Dari sisi internal, langkah-langkah yang dilakukan pemerintah dan Bank Indonesia membuahkan hasil yang baik dan kondisi politik saat ini juga stabil.

“Ini semua berkat kerjasama yang apik dengan pelaku bisnis dan yang terpenting kondisi politik dalam negeri yang stabil,” kata dia.

Sementara itu, Ekonom Pefindo Fikri C. Permana mengatakan, rupiah akan bergerak terbatas pada hari ini. Pasalnya, menurut dia, investor sudah berlibur dan pasar lebih sepi.

Dia memperkirakan, pergerakan rupiah pada hari ini berada di kisaran Rp 13.930 per dolar AS sampai Rp 14.010 per dolar AS. (sh/kontan/republika)

DISKUSI: