Sumber: Tasnim

Tehran,LiputanIslam.com—Presiden Iran, Hassan Rouhani, menyebut gagasan keamanan untuk kawasan Timur Tengah yang disebut dengan “Koalisi Perdamaian Selat Hormus (HOPE)” tak mendapatkan hambatan saat disampaikan di depan Sidang Umum PBB di New York beberapa hari lalu.

Hal ini disampaikan Rouhani di depan pertemuan mingguan kabinet di Tehran, pada Rabu (2/10) kemarin. Ia mengatakan, partisipasi Iran di PBB dan pertemuan dengan para pemimpin dunia telah menghancurkan suasana yang coba dibangun oleh para musuh Republik Islam

“Gagasan ini dibangun berdasarkan berbagai masalah dan sudut pandang berbagai negara. Tak ada yang bisa menentang rencana ini, meskipun jika mereka enggan menyuarakan dukungannya,” tambahnya.

Baca: Bin Salman Akui Akan ‘Peluk’ Israel Jika AS Membantunya Kuasai Timur Tengah

Sebelumnya, Presiden Prancis dikabarkan telah memaksa Iran agar mau berunding dengan Amerika. Namun, Rouhani menolak hal itu sebelum Trump kembali pada JCPOA dan mencabut semua sanksinya terhadap Iran.

“Jalan untuk negosiasi masih terbuka, jika hak-hak bangsa Iran masih dihormati,” ujarnya.

Rouhani menyebut, seluruh dunia telah menyimpulkan bahwa keluarnya AS dari JCPOA adalah tindakan yang salah. (fd/Tasnim)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*