Rouhani: Jepang Tetap Ingin Impor Minyak Iran

0
134

Tehran,LiputanIslam.com—Usai melakukan pertemuan dengan PM Jepang, Shinzo Abe, di Tehran pada Rabu kemarin (12/6), Rouhani menegaskan bahwa Jepang masih tetap ingin impor minyak dari Iran.

Abe sendiri enggan menyebutkan penangguhan impor minyak dari Iran, sebab dirinya tengah fokus pada potensi bentrok yang tak diinginkan di kawasan Timur Tengah.

“Pada pertemuan kemarin, Mr. Abe mengatakan bahwa Jepang masih berminat untuk meneruskan impor minyak Iran,” ucap Rouhani, seperti disiarkan oleh stasiun TV resmi negara.

Kunjungan Shinzo Abe ke Iran adalah kunjungan pertama yang dilakukan pemimpin Jepang sejak dimulainya revolusi Islam pada 1979.

“Konflik bersenjata harus dicegah dengan cara apa pun. Kedamaian dan stabilitas di Timur Tengah sangat diperlukan, tidak hanya untuk kepentingan kawasan tapi juga untuk dunia. Tak ada seorang pun yang menghendaki perang,” ucap Abe.

“Kami akan mengeluarkan upaya masksimal untuk meredam ketegangan. Alasan inilah yang menyebabkan saya datang ke Iran,” tambahnya.

Sebelumnya, dua pejabat Iran menyampaikan kepada Reuters bahwa Tehran telah meminta Tokyo untuk menjadi penengah antara Tehran dan Washington, agar sanksi minyak terhadap Iran kembali mereda.

Sejak Mei lalu, Washington telah mencabut keringanan bagi beberapa negara termasuk Jepang untuk mengimpor minyak Iran. Cara ini sengaja dilakukan AS untuk menekan penjualan minyak Iran hingga mencapai nol.

Jepang terpaksa menghentikan impor minyak dari Iran untuk menghindari sanksi dari AS. (fd/Memo)

Baca: Ketegangan Akan Berhenti Jika “Perang Ekonomi” AS Berhenti

DISKUSI: