Respon Balon Peledak Palestina, Israel Hentikan Pasokan Bahan Bakar ke Jalur Gaza

0
145

Gaza,LiputanIslam.com—Seorang jubir Pasukan Pertahanan Israel menyebut bahwa pemerintahnya telah menghentikan pasokan bahan bakar ke Jalur Gaza pada Selasa (25/6) sebagai langkah balasan terhadap beberapa balon bermuatan bahan peledak yang diluncurkan dari wilayah Palestina.

“Karena balon bermuatan bahan bakar telah diluncurkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel dengan tujuan untuk menyebabkan kebakaran di wilayah (Israel) di sekitar Gaza, diputuskan pasokan bahan bakar ke pembangkit listrik di Jalur Gaza melalui penyeberangan perbatasan akan ditangguhkan mulai hari ini sampai pemberitahuan lebih lanjut “, ucap Avichay Adraee, anggota divisi media Arab IDF,  melalui postingan Twitter-nya.

Pernyataan itu muncul setelah balon api dari Gaza menyebabkan setidaknya 13 kebakaran di Israel selatan pada 24 Juni, dengan dua di antaranya berlangsung hingga Selasa malam.

Baca: Demo Palestina Anti-Konferensi Bahrain Masuki Hari ke-2

Israel memberlakukan blokade maritim di Gaza pada 12 Juni setelah beberapa balon ini menyebabkan delapan kebakaran di selatan negara itu. Blokade dilonggarkan seminggu kemudian.

Palestina telah mencari pengakuan diplomatik untuk negara merdeka mereka di wilayah Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, yang sebagian ditempati oleh Israel, dan Jalur Gaza.

Pada bulan Maret 2018, konflik meningkat , dengan Palestina meluncurkan protes mingguan yang dijuluki ” Great March of Return ” di perbatasan Gaza, yang telah menyebabkan meninggalnya lebih dari 300 orang Palestina.(fd/Sputnik)

DISKUSI: