Protes Israel, Tahanan Palestina di Israel Lakukan Aksi Mogok Makan

0
296

Ilustrasi Kehidupan orang-orang Palestina di penjara Israel (memo)

LiputanIslam.com—Para tahanan Palestina yang berada di penjara Israel memutuskan untuk melakukan aksi mogok makan. Hal ini dilakukan untuk memprotes kezaliman Israel terhadap mereka.

Bentuk kezaliman yang dilakukan oleh Israel terhadap mereka di antaranya adalah pelecehan setiap hari, memperbesar tingkat hukuman, kelalaian tim medis yang dilakukan secara sengaja, serta menghasut media massa agar menganggap para tahanan Palestina sebagai teroris.

Selain itu, aksi mogok makan untuk meminta pada seluruh rakyat Palestina dan warga negara internasional agar mendukung para tahanan untuk memperjuangkan martabat mereka.

Israel telah melakukan penumpasan terhadap tahanan Palestina selama dua bulan terakhir. Pada bulan Februari, administrasi penjara Israel memasang perangkat pengacau telepon di penjara Al-Naqab (Ketziot) dan Ramon. Perangkat itu bisa menghasilkan radiasi yang kuat dan menghentikan sinyal radio atau televisi ke daerah itu. Hal ini dilakukan agar para tahanan tidak memiliki akses terhadap dunia luar.

Pada bulan Maret terungkap bahwa para tahanan menderita depresi, sakit kepala dan pingsan akibat radiasi dari perangkat, dengan para ahli mengatakan ini dapat menyebabkan “kelainan genetik sel manusia dan kanker”.

Organisasi hak asasi manusia telah mengutuk peristiwa ini, dengan mengatakan, “Kami menindaklanjuti dengan cermat dan penuh perhatian pada kejahatan sistematis Israel yang dilakukan oleh layanan penjara Israel terhadap para tahanan Palestina. Pelanggaran [ini] ditentang oleh semua konvensi internasional terkait dengan perlindungan tahanan.” (fd/memo)

DISKUSI: