PM Irak Akan Buka Lintasan Al-Qaim di Perbatasan Suriah

0
127

Sumber: AP

Baghdad,LiputanIslam.com—Perdana Menteri Irak, Adil Abd Al-Mahdi, telah menyetujui dibukanya lintasan utama Al-Qaim di perbatasan Suriah pada Senin (30/9) nanti.

“Perdana Menteri Adil Abd Al-Mahdi setuju untuk membuka lintasan Al-Qaim di perbatasan Suriah pada Senin, 30 September nanti,” ucap perwakilan untuk perbatasan Irak, Alaeddin Qaisi, pada Sabtu (28/9).

Perlintasan Al-Qaim terletak di sebelah barat Provinsi Anbar, provinsi terakhir yang dibebaskan militer Irak dari kelompok teroris Daesh pada 2017 silam.

Perlintasan ini terhubungan dengan perlintasan Bukamal di wilayah suriah, tepatnya di Provinsi Deir ez-Zor yang kini telah berada di bawah kendali pemerintah Suriah.

Baca: Prancis Tingkatkan Militernya di Sepanjang Perbatasan Irak-Suriah

Ada tiga perlintasan yang menghubungkan perbatasan Irak-Suriah. Pertama adalah Rabia, merujuk pada Al-Yarubiyah, yang terletak di Provinsi Al-Hasakah dan berada di bawah kendali pasukan kurdi. Kedua adalah perlintasan al-Tanf yang berada di bawah kontrol pasukan AS di Suriah. Ketiga adalah perlintasan Al-Qaim.

Perbatasan-perbatasan antara Irak-Suriah tak lagi beroperasi secara penuh sejak 2014, saat kelompok teroris Daesh beroperasi di kedua negara itu. Kini, baik Irak atau pun Suriah telah berhasil merebut kembali wilayah mereka dari cengkeraman teroris. (fd/Sputnik)

DISKUSI: