Perwakilan BEM Jakarta Tegaskan Aksi Demo Murni Tak Ditunggangi Hingga Menristekdikti Undang Rektor Nasional

0
122

Sumber: Benuanta

Jakarta, LiputanIslam.com — Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Jakarta menegaskan bahwa aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9) murni tidak ditunggangi oleh pihak mana pun.

“Aksi mahasiswa masih murni, semuanya berangkat dari keresahan kita bersama,” ujar perwakilan BEM Jakarta Andi Prayoga dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (28/9).

Dia pun menekankan bahwa tidak ada pihak-pihak dengan kepentingan tertentu yang menyetir aksi demo mahasiswa.

Menurutnya, aksi puluhan ribu mahasiswa tersebut didorong oleh rasa kekhawatiran dan keresahan bersama terhadap pengesahan sejumlah Undang-Undang (UU), seperti revisi UU KPK ataupun rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).

Sementara Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengundang seluruh rektor di Indonesia membahas aksi demonstrasi mahasiswa yang beberapa hari ini terjadi.

Baca juga: Dua Demonstran Mahasiswa Tewas, Menristekdikti Minta Usut Tuntas dan Mahasiswa Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Menristekdikti Mohamad Nasir meminta rektor perguruan tinggi di Tanah Air tidak mengerahkan mahasiswa untuk ikut aksi demonstrasi.

“Saya mengajak rektor di semua perguruan tinggi agar tidak mengerahkan mahasiswa untuk demonstrasi,” ujar Nasir usai pelantikan sejumlah pimpinan perguruan tinggi di Jakarta, Kamis (26/9).

“Rektor harus bertanggung jawab dan presiden mengatakan mahasiswa diajak dialog dengan baik, jangan sampai mahasiswa turun ke jalan karena insan akademik itu dianggap sebagai insan intelektual,” terang Nasir. (Ay/Antara)

DISKUSI: