‘Perlawanan Terhadap Sanksi-sanksi Trump Akan Memperlemah Cengkraman Ekonomi AS’

0
163

Sumber: Presstv

Washington,LiputanIslam.com—Berbagai sanksi yang dijatuhkan AS terhadap Iran, Venezuela dan beberapa negara lainnya semakin memperlemah bobot ekonomi negara itu. Sebab, negara-negara yang menjadi objek sanksi terus berusaha mencari solusi atas sanksi yang menimpa mereka dan secara otomatis, hal ini akan semakin memperlemah cengkeraman ekonomi AS di dunia.

Dalam pidatonya pada Sidang Umum PBB ke-74 di New York, Presiden As Donald Trump mengklaim dirinya menginginkan mitra, bukan musuh. Namun, komentarnya tentang Tehran dan tuntutan yang dibuat oleh Presiden Iran Hasssan Rouhani menunjukkan bahwa Washington justru membakar jembatan yang bisa membawanya pada cita-cita pidato yang ia ucapkan.

“Salah satu ancaman keamanan terbesar yang dihadapi oleh negara-negara pencinta perdamaian saat ini adalah rezim represif di Iran. Catatan tentang kematian dan kerusakan yang disebabkan oleh rezim tersebut telah kita ketahui semuanya. Iran tidak hanya menjadi sponsor utama terorisme, tapi para pemimpin Iran juga terlibat dengan perang tragis di Suriah dan Yaman,” ucap Trump dalam pidatonya pada Selasa (24/9).

“Pada saat yang sama, rezim tersebut juga telah menyia-nyiakan kekayaan bangsanya demi senjata nuklir,” kita tidak boleh membiarkan hal ini terjadi,” tambah Trump.

Baca: Rouhani Sebut Trump Hancurkan Kepercayaan Iran Terhadap AS

Ketika ditanya oleh Fox News dalam sebuah wawancara pada Selasa lalu, Rouhani menekankan bahwa Washington harus bertindak lebih dari sekedar mengajak seorang pejabat Iran berbicara di sela-sela sidang PBB.

“Jika kita menginginkan tujuan yang lebih tinggi dan menguntungkan bagi kedua negara, harus ada rencana, dan negosiasi harus didasarkan atas rencana tersebut,” ucapnya. Namun, Rouhani juga menekankan perlunya membangun kepercayaan, sebab Trump telah menghancurkan kepercayaan Iran terhadap AS.

Rouhani menambahkan bahwa kepercayaan Iran terhadap As hanya akan bisa dipulihkan jika AS mencabut sanksi-sanksinya terhadap Iran.

Kevin Zeese, Ko-koordnator Perlawanan Populer, berkomentar pada Rabu (25/9) kemarin, tentang pidato Trump di PBB. Ia menyebut, Amerika justru sedang menembak kakinya sendiri melalui kebijakan-kebijakan sanksi yang ia buat.

“Mustahil pertemuan antara Trump dan Rouhani terjadi, sampai Trump benar-benar mampu bernegosiasi dengan rencana yang sesuai dengan kenyataan.” Jelasnya. (fd/Sputnik)

DISKUSI: