Perdagangan Pagi Hari, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 13.980 per Dolar AS

0
153

Sumber: market.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (19/12) menguat ke posisi RP 13.980 per dolar AS. Rupiah menguat 0,06 persen dibandingkan perdaganga hari sebelumnya.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, rupiah pada pagi hari ini terdongkrak oleh sentimen kesepakatan dagang antara AS dan China. Pasar masih optimis terkait proses kesepakatan dagang antara kedua negara tersebut.

Baca: Rupiah Menguat ke Posisi Rp 13.988 per Dolar AS

“Optimisme masih terjaga. Sebabnya, pihak AS mengisyaratkan penandatanganan kesepakatan fase 1 di awal Januari 2020,” ujar Ariston, Kamis (19/12).

Meski begitu, pergerakan rupiah dinilai tidak berkembang pesat meski terjadi kesepakatan dagang antara AS dan China. Jadi, pasar mulai berhati-hati dalam merespon perkembangan kesepakatan dagang AS dan China.

“Ini terlihat dari pergerakan rupiah yang bergerak tipis sejak awal pekan pasca kata sepakat dari kedua negara,” kata dia.

Dia memprediksi, rupiah pada hari ini akan bergerak di kisaran Rp 13.950 per dolar AS hingga Rp 14.030 per dolar AS.

Sementara itu, Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai, rupiah akan bergerak terbatas karena sentimen window dressing dan penantian investor terhadap keputusan suku bunga Bank Indonesia.

“Pergerakan rupiah kemudian diikuti oleh sentimen window dressing yang terjadi di akhir tahun serta penantian investor terhadap keputusan suku bunga acuan BI,” ungkapnya. (sh/cnnindonesia/kompas)

DISKUSI: