Perang Dagang Masih Memanas, Rupiah Kembali Melemah

0
129

Sumber: market.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Eskalasi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China masih belum mereda dan memberikan beban bagi pergerakan rupiah. Pada perdagangan Kamis (28/8) pukul 11:41 WIB rupiah melemah 0,08 persen ke posisi Rp 14.262 per dolar AS.

Sedangkan menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI), hari ini rupiah berada di posisi Rp 14.263 per dolar AS, atau melemah dibandingkan posisi sebelumnya Rp 14.235 per dolar AS.

Baca: Rupiah Melemah ke Posisi Rp 14.240 per Dolar AS

Rupiah sebelumnya telah melemah pada pukul 10.04 WIB ke posisi Rp 14.267 per dolar AS. Pelemahan rupiah sebesar 12 poin dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Pada perdagangan hari ini, rupiah diprediksi akan melemah di kisaran Rp 14.220 hingga Rp 14.283 per dolar AS.

Presiden AS Donald Trump mengatakan China telah menghubungi mitra dagang AS untuk kembali melakukan perundingan.

Akan tetapi, Kementerian Luar Negeri China membantah adanya komunikasi melalui sambungan telepon oleh pihak AS.

“Saya belum mendengar kejadian terkait dua sambungan telepon yang disebut oleh pihak AS pada akhir pekan,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang.

Hal ini kemudian membuat pelaku pasar melihat pertumbuhan ekonomi global semakin melambat, apalagi AS terancam mengalami resesi. Hal ini terlihat dari imbal hasil (yield) obligasi atau Treasury AS yang kembali mengalami inversi. (sh/antara/cnbcindonesia)

 

DISKUSI: