PBB: Bangladesh Harus Terima Pengungsi Rohingya

0
94

Dhaka, LiputanIslam.com–Badan kerjasama internasional PBB meminta Bangladesh agar tidak menutup perbatasan bagi pengungsi Rohingya, setelah pemerintah Dhaka baru-baru ini mengumumkan tidak akan lagi menerima para pengungsi tersebut.

Menlu Bangladesh, Shahidul Haque, mengeluhkan kepada Dewan Keamanan PBB pada Kamis (28/2) bahwa krisis pengungsi ini telah semakin memburuk, di mana tidak ada satupun dari ribuan warga Rohingya yang mengungsi di negaranya yang kembali ke Myanmar.

“Bangladesh telah sangat berbaik hati atas dukungan yang mereka berikan kepada pengungsi Rohingya,” puji jubir PBB Stephane Dujarric.

Namun, menurut Dujarric, sangat penting memastikan orang-orang yang lari dari konflik untuk mendapat penampungan yang aman.

Di bawah kesepakatan yang dicapai dengan Bangladesh, pemerintah Myanmar setuju untuk menarik kembali beberapa pengungsi. Namun, PBB menegaskan bahwa keselamatan Rohingya harus dipastikan dahulu sebelum mereka pulang.

Haque menegaskan dalam pertemuan dewan bahwa “Bangladesh tidak lagi berada dalam posisi untuk menampung lebih banyak orang dari Myanmar,” dan bahwa pemerintahnya siap menutup perbatasan.

Pemerintah Bangladesh pun terus mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas masalah ini. (ra/presstv)

DISKUSI: