Sumber: merdeka.com

Cimahi, LiputanIslam.com— Harga komoditas cabai di kota Cimahi mengalami kenaikan akibat pasokan yang berkurang. Cabai keriting yang biasanya dibanderol Rp 25 ribu per kilogram (kg) kini naik menjadi Rp 35 ribu per kg.

Pedagang sayuran di Pasar Atas Baru (PAB) Kota Cimahi, Lilis (54), mengatakan, harga cabai keriting naik secara bertahap dan sudah berlangsung hampir dua minggu.

Baca: Harga Cabai di Pasar Tradisional Naik

“Kenaiknnya bertahap, dalam seminggi bisa naik sampai dua kali. Dan ini sudah berlangsung hampir dua minggu,” kata Lilis, Selasa (29/10).

Dia menilai, harga cabai keriting naik karena pasokannya berkurang dari. Dia menuturkan, biasanya pasokan cabai keriting dikirim dari Cisarua, tapi sekarang sudah tidak dikirim lagi.

“Barangnya lagi nggak ada. Biasanya ada yang ngirim langsung kesini dari Cisarua. Sekarang mah ngga ada lagi. Jadi terpaksa belanja ke Caringin (Pasar Induk Caringin),” ucapnya.

Sementara itu, di Maluku, harga cabai melonjak hingga Rp 100 ribu per kg. Harga cabai naik sebesar Rp 20 ribu dari sebelumnya Rp 80 ribu per kg.

Para pedagang pasar di Maluku mematok harga cabai secara bervariasi mulai dari harga Rp 95 ribu per kg hingga Rp 100 ribu per kg.

Pedagang di Pasar Mardika, Dullah, mengungkapkan, harga cabai merah di tingkat pengelu sudah mencapai Rp 80 ribu per kg hingga Rp 85 ribu per kg. Menurutnya, pedagang harus pintar dalam menjual daganganya agar tidak mengalami kerugian.

“Jadi teman-teman pedagang harus pandai berjualan kalau tidak bisa merugi,” ucapnya. (sh/tribun-maluku/galamedianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*