Palapa Ring, Komitmen Pemerintah untuk Indonesia Sentris

0
180

Sumber: setkab.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan bahwa dibangunnya Palapa Ring (Tol Langit) layanan komunikasi melalui jaringan internet kecepatan tinggi di seluruh Indonesia adalah komitmen pemerintah dalam membangun Indonesia yang merata. Tidak ada lagi yang namanya Jawa Sentris, tetapi Indonesia Sentris.

“Di Papua kami membangun di 30 kabupaten/kota baru yang tidak ada jaringan tulang punggung atau backbone internet kecepatan tinggi. Jadi, Palapa Ring itu adalah seperti jalan tol untuk internet kecepatan tinggi,” ucapnya di Jakarta pada Senin (14/10).

Menurut Rudiantara, dengan adanya Palapa Ring ini, maka sebanyak 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia, tidak ada yang tidak dihubungkan dengan jalan tol jaringan internet (Palapa Ring). “ini telah memberikan layanan komunikasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia, melalui internet kecepatan tinggi,” katanya.

“Bapak Presiden kami laporkan hari ini sebetulnya peresmian palapa ring, tapi Palapa Ring Barat sebetulnya sudah selesai tahun lalu, Palapa Ring tengah sampai di provinsi Maluku sudah selesai di awal tahun,” terangnya.

Sementara Palapa Ring Timur agak terlambat karena hambatan geografis yang tidak mudah. “Palapa ring timur ini khususnya yang mencakup Papua, Maluku, NTT sampai ke Kabupaten Rote Ndao, rencana awalnya pada akhir kuartal kedua, namun di Papua kondisi geografisnya tidak memungkinkan kami untuk tepat waktu hingga baru selesai Agustus kemarin,” jelas Rudiantara. (aw/setkab/cnn).

DISKUSI: