Netanyahu Sebut Dukungan AS akan Permudah Aneksasi Lembah Jordan

0
146

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Sumber: The Times of Israel

Tel Aviv,LiputanIslam.com—Beberapa hari lalu, Sekretaris Negara Amerika Serikat, Mike Pompeo, menyampaikan pengumuman kontroversial terkait permukiman ilegal Israel yang oleh AS tak lagi dipandang ilegal.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyambut baik putusan Amerika tersebut.

“Saya sangat tersentuh,” ucap Netanyahu saat mengunjungi salah satu permukiman ilegal di blok Etzion, Tepi Barat pada Selasa (19/11) kemarin.

Ia sangat memuji langkah heroik presiden Donald Trump karena telah mengoreksi ketidakadilan sejarah yang telah berlangsung lama.

Netanyahu mengatakan, pergeseran kebijakan AS terkait permukiman ilegal ini akan membuka jalan bagi aneksasi Lembah Jordan di Tepi Barat.

Baca: Amerika Mulai Legalkan Pendudukan Israel di Tepi Barat

Permukiman ilegal Israel telah menuai kecaman dari mayoritas komunitas internasional. Sebab, tanah itu direbut dari orang-orang Palestina usai berlangsungnya perang Israel-Arab pada 1967. Menurut Konvensi Jenewa, Israel dilarang membuat permukiman di wilayah-wilayah kependudukan.

PBB, seperti halnya Uni Eropa juga menyebut permukiman Israel sebagai tindakan melanggar hukum internasional. (fd/Presstv)

DISKUSI: