Netanyahu Minta Pendukungnya Tunggu Hasil Resmi Pemilihan

0
133

Sumber: Reuters

Tel Aviv,LiputanIslam.com—Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyampaikan pidato di kantor partainya pada Selasa (17/9) malam kemarin.

“Kami masih menunggu hasil resmi, tetapi ada hal yang telah pasti—Israel telah melewati sebuah momen bersejarah,” ucap Netanyahu di depan para pendukungnya.

Menurut Netanyahu, Israel membutuhkan seorang pemimpin yang kuat dan pemerintahan zionis tanpa kehadiran kelompok-kelompok Arab anti-zionis yang menolak keberadaan Israel sebagai Yahudi dan negara demokratis.

Israel menggelar pemilihan singkat usai Perdana Menteri Benjamin Netanyahu gagal membentuk sebuah pemerintahan pasca pemilu bulan April lalu.

Baca: Exit Poll, PM Netanyahu Kemungkinan Akan Hengkang Dari Tampuk Kekuasaan

Pada selasa kemarin, Israel menggelar pemilu untuk mengisi 120 kursi parlemen “The Knesset”. Berdasarkan perhitungan exit poll, partai Blue and White yang dipimpin oleh Benny Gantz bisa memperoleh 32-34 kursi, sementara partai Likud kemungkinan memperoleh 31-33 kursi. Partai lainnya, Yisrael Beiteinu mungkin akan mendapatkan 8-10 kursi di parlemen.

Meski begitu, tak satu pun koalisi yang bisa memenuhi syarat perolehan hingga 61 kursi untuk membentuk pemerintahan.

Sebelumnya, Lieberman sempat mengusulkan dibentuknya koalisi antara partai yang dipimpinnya, Yisrael Beiteinu, Blue and White, dan Likud sebagai satu-satunya pilihan untuk membentuk pemerintahan. (fd/Sputnik)

DISKUSI: