MUI Prihatin Banyak Korban Kerusuhan Wamena

0
122

Sumber: detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Mejalis Ulama Indonesia (MUI) merasa prihatin dan menyampaikan rasa dukacita yang mendalam atas banyaknya korban akibat kerusuhan di Wamena Kabupaten Jayawijaya Papua. Sekjen MUI, Anwar Abbas menilai kerusuhan itu telah mengakibatkan puluhan korban meninggal dan ribuan warga mengungsi.

“Tindakan brutal dan anarkis tersebut telah menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa yang tidak berdosa,” ujarnya di Jakarta, pada Minggu (29/9).

MUI meminta pemerintah dengan tegas dan serius menangani permasalahan yang terjadi di Papua. “Agar rakyat dan masyarakat bisa hidup tenang kembali dan bisa melakukan aktivitas seperti semula,” ucapnya.

Sementara pihak kepolisian telah menetapkan 5 tersangka terkait kerusuhan di Wamena. Namun begitu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Jakarta pada Senin (30/9) belum merinci kelima tersangka itu.

“Dari hasil pemeriksaan 5 tersangka yang sudah ditetapkan oleh Polres Wamena, pelakunya sebagian besar bukan pelaku dari Wamena sendiri, tapi juga berbaur dengan pelaku dari luar Wamena,” terangnya.

Baca: Kerusuhan di Wamena, Semua Pihak Diminta Menahan Diri

Dedi juga menyebutkan bahwa dengan jaminan keamanan dari aparat dan kepala suku, para pengungsi akan dikembalikan ke tempat tinggalnya. “Nanti akan berangsur-angsur kalau kondisi psikologisnya cukup baik akan dikembalikan ke Wamena,” tambahnya. (aw/detik/republika).

DISKUSI: