MOI Ingatkan Masyarakat Waspadai Kebangkitan Islamophobia dan Radikalisme

0
139

LiputanIslam.com-Sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam yang tergabung dalam Majelis Ormas Islam (MOI) mengingatkan seluruh masyarakat untuk mewaspadai kebangkitan gerakan Islamphobia dan radikalisme anti-Islam.

Presidium Majelis Ormas Islam (MOI), Mohammad Sidik mengimbau para tokoh untuk berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan atau wacana yang tidak tepat karena bisa menimbulkan kegaduhan kehidupan berbangsa khususnya umat Islam karena selama ini tuduhan terorisme selalu mengarah ke umat Islam.

“Ini salah satu tujuan statement ini, untuk menolak tuduhan atau wacana yang mengarahkan ke umat islam dalam hal terorisme, karena itu tidak benar sama sekali dan tidak mewakili mainstream umat Islam, kita wasathiyyah,” ucapnya di Kantor Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (29/8).

Sementara, Wakil Ketua Presidium MOI yang juga Ketua Umum Persatuan Umat Islam (PUI), Nazar Haris, menyebutkan, terdapat kesalahan konstruksi berfikir tentang radikalisme.

Baca juga: Mahfud MD: Radikalisme Adalah Persoalan Serius

“Radikalisme tidak hanya terjadi di kalangan umat islam tapi bisa terjadi pada agama lain terlebih orang yang tidak beragama,” katanya.

Radikalisme, kata dia, yaitu menolak NKRI, menolak dasar negara Pancasila dan UUD 1945, bersikap rasialis melakukan upaya melemahkan ketahanan nasional serta aktif melakukan disintegrasi. (Ay/Antara)

DISKUSI: