Mogherini Sebut INSTEX Akan Segera Siap

0
108

Brussel, LiputanIslam. Com—Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, mengatakan bahwa INSTEX (sebuah metode pembayaran alternatif bagi Iran untuk menghindari sanksi AS) diharapkan akan bisa beroperasi dalam waktu dekat.

“INSTEX mungkin akan segera siap”, ucap Mogherini saat konferensi pers bersama setelah pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi di Brussels.

“Kami mencoba semua yang kami bisa dan kami terus melakukan semua yang kami bisa untuk menjaga implementasi perjanjian nuklir Iran tetap utuh. Kami akan terus melakukannya pada hari-hari ini, hari-hari paling sulit untuk kesepakatan nuklir yang dapat Anda bayangkan,” ucapnya.

“Kesepakatan itu sendiri memiliki mekanisme dan langkah-langkah yang dapat diambil jika terjadi ketidakpatuhan terhadap perjanjian tersebut tetapi fokusnya adalah untuk menjaga kesepakatan itu tetap ada,” kepala kebijakan luar negeri UE menekankan.

“Kami telah banyak bekerjasama dengan negara-negara anggota untuk merumuskan mekanisme yang memungkinkan perdagangan yang sah dengan Iran. Saya percaya,  mekanisme itu siap untuk beroperasi dan saya berharap ini bisa membuat Iran (tetap) patuh dengan perjanjian JCPOA, “tambah Mogherini.

Baca: Zarif Ungkap Niat Bolton untuk “Menghabisi” JCPOA Sejak 2017

INSTEX direncanakan akan berbasis di Paris dan dikelola oleh seorang pakar perbankan Jerman. Sementara dewan pengawasnya akan dipimpin oleh Inggris.

Pada 8 Mei 2018, Presiden AS Donald Trump menarik negaranya keluar dari perjanjian nuklir 2015 antara Teheran dan kekuatan dunia.

Setelah penarikan AS, Iran dan negara-negara yang tersisa meluncurkan perundingan untuk menyelamatkan perjanjian itu.

Uni Eropa telah bersumpah untuk melawan sanksi baru Trump terhadap Iran, termasuk melalui undang-undang baru untuk melindungi perusahaan-perusahaan Eropa dari tindakan hukuman, tetapi sejauh ini sumpah itu hanya sekadar kata-kata.(fd/Tasnim)

DISKUSI: