Minggu Depan, Turki Akan Buka Gerbang Perbatasan dengan Suriah

0
50

ِAnkara,LiputanIslam.com—Menteri Perdagangan Turki mengatakan pada Selasa kemarin (5/3) bahwa gerbang perbatasan antara Turki dan Suriah yang terletak di wilayah Afrin akan dibuka minggu depan.  Oleh Turki, gerbang ini disebut “Ranting Zaitun”.

“Gerbang perbatasan Ranting Zaitun kami sudah siap. Insya Allah, itu akan mulai beroperasi minggu depan, ”ucap Menteri Perdagangan Turki, Ruhsar Pekcan, Seperti dikutip oleh kantor berita resmi Turki, Anadolu Agency.

Pada bulan November tahun lalu, Pekcan sempat mengatakan bahwa gerbang perbatasan “Ranting Zaitun” telah dibuka. Pernyataan ini membuat komentarnya pada Selasa kemarin menjadi tidak jelas maksudnya, apakah pembukaan gerbang itu merujuk pada gerbang yang sama atau ada gerbang lainnya.

Operasi Afrin adalah operasi militer kedua yang dilakukan Turki ke wilayah Afrin, Suriah utara. Operasi militer pertama dinamai “Perisai Eufrat”. Turki mengklaim tujuan operasi militer ini adalah untuk mengusir kelompok militan Negara Islam (ISIS) dari wilayah di sepanjang perbatasan Turki-Suriah.(fd/AMN)

DISKUSI:
SHARE THIS: