Minat Baca di Indonesia Rendah, Tapi Postingan Twitter Tertinggi di Dunia

0
164

Sumber: Jadiberita.com

Jakarta, LiputanIslam. Com—Kondisi minat baca bangsa Indonesia memang cukup memprihatinkan. Berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca.

Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Padahal, dari segi penilaian infrastuktur untuk mendukung membaca peringkat Indonesia berada di atas negara-negara Eropa.

“Penilaian berdasarkan komponen infrastruktur Indonesia ada di urutan 34 di atas Jerman, Portugal, Selandia Baru dan Korea Selatan,” papar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, Sabtu (27/8/2016), di acara final Gramedia Reading Community Competition 2016 di Perpustakaan Nasional, Salemba, Jakarta.

Baca: Sepanjang 2016, 6 Terduga Teroris JAD Ditangkap

Sementara itu,  Semiocast. Com mempublikasikan data tahun 2012 yang menunjukkan Jakarta sebagai kota dengan jumlah tweet terbanyak di dunia.

Website yang mendata aktivitas media sosial,  termasuk twitter,  menempatkan Jakarta berada di atas Tokyo,  London,  dan New York. Sementara itu,  kota Bandung menempati urutan keenam mengungguli paris,  Riyadh,  dan Los Angeles. (Ay/Kompas/Semiocast. Com)

DISKUSI: