Michel Aoun: Israel Akan Tanggung Resiko Setiap Serangan ke Lebanon

0
209

Potret Michel Aoun, Presiden Lebanon. Sumber: Memo

Beirut,LiputanIslam.com—Presiden Lebanon, Michel Aoun, mengeluarkan maklumat peringatan kepada Israel pada Jum’at (6/9) lalu, bahwa Israel akan menanggung resiko semua serangan ke negaranya. “Serangan apapun yang menyerang integritas teritorial dan kedaulatan Lebanon akan berhadapan dengan pertahanan diri yang sah, dan Israel akan menanggung semua akibatnya.”

Maklumat ini disampaikan Aoun saat bertemu sekjen khusus PBB untuk Lebanon, Jan Kubis, di Istana Baabda, Beirut timur.

“Aoun menyampaikan kepada Kubis bahwa serangan terkini Israel ke Beirut telah melanggar perjanjian yang telah disepakati oleh Resolusi DK PBB nomor 1701,” jelas kantor kepresidenan Lebanon, mengutip ucapan Michel Aoun.

Resolusi 1701 dibuat pada 11 Agustus 2006 dan telah disetujui oleh pemerintah Lebanon. Perjanjian inilah yang digunakan pasca terjadinya perang pada Juli 2006.

Sementara itu, Kubis menyatakan, “Tentara Lebanon yang dikerahkan bersama pasukan internasional, sedang melaksanakan tugasnya untuk menjalankan keputusan otoritas politik dan DK PBB.”

Baca: Israel Perkirakan Hizbullah Akan Menyerang Lagi

Sejak 25 Agustus lalu, Lebanon telah melihat buruknya ketegangan dengan Israel. Dua ‘drone’ Israel telah jatuh di Beirut, salah satunya dinyatakan meledak. Hizbullah menyebut, ‘drone’ itu sengaja diisi bom yang nantinya akan meledak di wilayah Lebanon. (fd/Memo)

DISKUSI: