Mesir Impor 50 Jet Tempur dari Rusia Senilai US$2 Milyar

0
263

Jet tempur buatan Rusia MiG-35. Sumber: Memo

Kairo,LiputanIslam.com—Pasukan Angkatan Udara Mesir telah menandatangani pembelian 50 jet tempur “MiG-35” buatan Rusia. Menurut laporan National Interest pada Sabtu (24/8) lalu, perjanjian senilai US$2 milyar ini adalah yang terbesar pasca berlalunya era Uni Soviet. Rencananya, jet-jet tempur tersebut akan diterima Mesir pada 2020 mendatang.

Jet tempur “MiG-35” adalah penyempurnaan MiG-29. Jet ini memiliki kemampuan ganda yang lebih kuat. Jet ini bisa menggunakan senjata udara dengan objek di darat dan udara dengan akurasi tinggi. Selain itu, MiG-35 juga dilengkapi dengan jangkauan tempur yang jauh karena kapasitas bahan bakar internalnya yang besar.

Kerja sama antara Mesir-Rusia berkembang usai El-Sisi dilantik menjadi presiden pada Juni 2014 silam, meski keduanya sempat bersitegang usai jatuhnya jet penumpang Rusia di Semenanjung Sinai pada Oktober 2015.

Baca: Menag Terima Kunjungan Delegasi Ulama Al-Azhar di Mesir

Pada Desember 2017, Presiden Rusia, Vladimir Putin, melakukan kunjungan ke Mesir dan menyetujui pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di Mesir. (fd/Memo)

DISKUSI: