Mentan: Stok Pangan Aman hingga Akhir Tahun

0
134

Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pasokan pangan nasional sangat aman hingga akhir tahun.

“Di sisi lain ketahanan pangan kita, 10 jenis yang ada untuk sampai tahun baru sangat aman dan nyaman. Tentu saja kita berharap ini langkah awal memasuki 2020 yang insyaallah jauh lebih kuat lagi memperseiapkan kebutuhan masyarakat terutama dalam peak season,” kata Syahrul, Jakarta, Rabu (25/12).

Ketersediaan pangan tersebut juga diperkuat dengan data Bulog, Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan data Badan Ketahanan Pangan. Saat ini stok beras nasional mencapai 2,3 juta ton. Stok tersebut cukup hingga panen raya pada awal tahun depan.

Syahrul juga memastikan ketersediaan komoditas lain, seperti daging sayuran, buah dan telur. Dia menyampaikan, pemerintah terus memantau pergerakan pangan secara langsung.

“Masyarakat tenang saja, harga pun kita harapkan stabil karena stok cukup. Pemerintah memantau terus pergerakan pangan dari hulu hingga hilir,” ujarnya.

Selain itu, Mentan juga telah melakukan langkah antisipasi untuk menjaga ketahanan pangan. Salah satunya adalah antisipasi terhadap perubahan cuaca dan bencana alam menggunakan teknologi.

“Maka itu antisipasi kita dari katakanlah pencitraan satelit dan analisa agroklimat yang ada melalui pendekatan IT tentu saja sangat penting untuk digunakan. Pertanian memang salah satu kesulitan adalah tidak boleh salah prediksi. Karena cuaca bisa saja berubah,” ungkapnya. (sh/liputan6/beritasatu)

 

 

 

DISKUSI: