Menlu Palestina: AS Susun Rencana Agar Palestina menyerah dari Israel

0
151

LiputanIslam.com—Menlu Palestina, Riyad al-Maliki, menyampaikan bahwa Amerika sedang merancang rencana agar Palestina menyerah terhadap Israel. Hal ini disampaikan oleh al-Maliki di depan forum PBB, merespon rencana perdamaian yang ditawarkan oleh AS terkait konflik Palestina-Israel.

Forum PBB itu juga dihadiri oleh negosiator AS untuk perdamaian Timur Tengah, Jason Greenblatt. Greenblatt dan penasehat senior Gedung Putih, Jared Kushner, adalah dua petinggi AS yang menghabiskan waktunya selama dua tahun untuk menyusun proposal yang diharapkan bisa menjadi kerangka bagi perdamaian Palestina-Israel.

Proposal yang baru akan diumumkan pada Juni nanti itu, oleh al-Maliki dianggap tidak mencerminkan upaya-upaya perdamaian.

“Kami tidak akan mampu menolak segala bentuk upaya perdamaian. Tapi, proposal perdamaian yang diusulkan oleh AS itu tidak memiliki karakteristik, kualifikasi, atau pun tanda-tanda upaya perdamaian,” ucapnya.

Ia menilai proposal usulan AS itu lebih mencerminkan rancangan yang menginginkan agar Palestina menyerah dari Israel.

Secara garis besar, proposal perdamaian yang ditawarkan oleh AS itu membahas isu politik terkait status Yerussalem dan isu ekonomi yang bertujuan untuk memperkuat perekonomian orang-orang Palestina. (fd/RT)

DISKUSI: